Selasa, 26 April 2011

menghadapi ortu tengkar

Orang tua berantem alias bertengkar? Yup!
Remaja mana sih yang ngga pernah liat ortunya berantem, paling ngga adu mulutlah. Kayak anak-anak ya, Bo’! Bete banget ngeliatnya…
“Iya aku eneg banget  ngeliat mereka! Kekanak-kanakan banget sih, padahal mereka seharusnya jadi panutan, eh ini malah mereka berantem di depan mata anak-anaknya. Kalo mereka udah ribut, rasa respekku ke ortu jadi berkurang. Ya iyalah ngapain juga ortu yang suka ribut kayak gitu dihormati!”
X(
Pernah ngomel gitu? aku juga pernah koq sering malah cuz ortu eva jg gitu . Pernyataan di atas bilang dia jadinya kurang respek ke Papa-Mama, mungkin bisa dengan ngelawan/ngebantah omongan mereka, atau memihak salah satu, dan bahkan ada remaja yang sengaja ‘menjatuhkan’ diri mereka! Apakah dengan cara-cara seperti itu ortu kamu bakal baikan dan ngga berantem lagi?

Yang pasti satu hal yang kita semua tahu adalah: Rocker orang tua juga manusia. Iya kan? Lah kalo udah namanya manusia, apakah ada yang sempurna? Ngga kan. Kalo udah tau gitu, jadi kita sebagai anak apalagi yang udah remaja, bisa memahaminya.
Memahami saja pastinya tidak cukup kan,  Masa kita mau diam aja!
Pernah dengar pepatah bilang: diam itu emas? Pastinya. Bayangin aja kalo dua orang aja yang ribut bikin mumet, eh ini ditambahin lagi sama kita, makin ngga enak kan suasananya? Lagian menurut aku, biarlah masalah mereka – mereka selesain sendiri. Rasanya lebih etis gitu. Kalo mereka nyadar, otomatiskan jalan keluarnya adalah hanya di antara Papa-Mama, dan pengambilan keputusan akan lebih berjalan baik.
Sekarang, aku  yang tanya, kalo kamu ngeliat orang tuamu bertengkar, siapa yang kamu bela? Hayooo…
Ini dia. Secara sadar ngga sadar, dengan kamu ‘ngga mau diam aja’, kecenderungan yang muncul adalah kita malah mulai memihak salah satu. Yang paling ngga enaknya: kita malah mengadu domba si Papa dan si Mama.
[-(
Contohnya, karena kamu dekatnya sama Mama, kamu jadinya ngerasa kalo Mama yang benar. Apa yang terjadi? Kamu malah ikutan menyudutkan Papa, nah kalo gini, apa jalan keluar dari bertengkarnya ortu kamu itu bisa didapetin?
Gimana kalo aku bantu mereka nyelesain masalah,? Semacam jadi penengah gitu deh.
Yup! Tentu saja dipujikan niat baik kita jika kita tetep netral, tidak berpihak pada siapa pun. Namun, untuk jadi penengah? Hmm… Balik ke paragraf sebelumnya. Ngga salah sih kalo kita ingin ngebantu, tapi tetep inget ‘garis batas’-nya. Boleh kasih pendapat tapi ini menurut eva , disini bukan berarti kita ikut campur masalah orang tua.
;)
Sikap yang bisa kita ambil adalah komunikasikan dengan orang tua kalo kita ngga nyaman ngeliat mereka bertengkar mulu. Itu! Dengan kita mengutarakan isi hati tentang tindakan yang mereka lakuin, semoga ortu menyadari. Mengutarakan isi hati bukan menggurui kan, tapi jurus ampuh!
Intinya ngga usahlah kita remaja nambah ruwet masalah, sampe-sampe pake acara ‘menghancurkan diri sendiri’ apa itu dengan terjun ke tindakan kenakalan remaja, seks bebas, ngelawan ortu, dan sebagainya. Kalo Papa-Mama ngeliat kita tegar dan berusaha selalu ngedukung mereka baikan bukan malah jadi provokator, kemungkinan besar mereka pasti baikan lagi.
:x
*Kalo orang tuamu ngga kelar-kelar bertengkarnya, kamu boleh saranin mereka bicara ke orang-orang terdekat dan terpercaya. Oya, artikel blog broken home"solution" kali ini ditujukan buat remaja yang orang tuanya bertengkar ngga sampai ‘maen pukul’ atau istilah KDRT yah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar